Jumat, 04 Desember 2015

Unik Seorang Pria India Hidup Dari Mengolah Sampah



Darshan Karwat adalah seorang warga India yang telah lulus dari Universitas of Michigan. Namanya menjadi banyak perbincangan setelah dirinya berhasil mempertahankan gaya hidup sangat hemat dan berkelanjutan sepanjang dirinya menjadi mahasiswa di sana.

Pria ini tak lagi membeli baju baru, mengonsumsi makanan siap saji, dan bahkan tisu toilet hingga dirinya hanya menghasilkan dua plastik sampah dalam setahun. Darshan memulai percobaan untuk hidup bebas dari sampah ketika dia tinggal di Ann Arbor, Michigan dan berhasil menjalankannya hingga 2,5 tahun.

Di tahun pertama, dia hanya menghasilkan sampah 3,4 kg sampah dan di tahun kedua jumlah sampahnya menurun menjadi 2,7 kg di mana ini merupakan 0,4 persen dari 6,8 kiloton dari sampah tahunan rata-rata Amerika.

Darshan melakukan hal ini setelah dirinya terinspirasi oleh sebuah episode radio show "The Story", di mana dia mendengar pasangan dari Inggris hidup tanpa sampah.

Sampah yang dihasilkannya biasanya berupa beberapa kantong keripik, botol susu, stiker buah dan pecahan kaca. Untuk bisa hidup seperti ini dia pun memilih untuk berhenti membeli makanan kemasan, hanya minum susu dari botol yang bisa di daur ulang, berhenti membeli baju baru atau peralatan rumah tangga, termasuk gadget. 

Dia juga mulai membawa garpu, sendok, mangkok dan piring sendiri ke mananapun dia pergi untuk menghindari penggunaan peralatan plastik.

Memiliki gaya hidup yang berbeda juga membuat tantangan di kehidupan sosial Darshan. Membawa gelas sendiri di sebuah pesta untuk menghindari penggunaan gelas kertas tidak lah keren, tapi pada akhirnya dia berpikir ini sepadan setelah berhasil meyakinkan orang-orang mereka dapat memiliki gaya hidup yang lebih baik jika mereka mau. Darshan pun percaya jika dia bisa hidup tanpa sampah, orang lain juga bisa melakukannya.
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

0 komentar:

Posting Komentar